Senin, 07 Januari 2013

SWEET SORGUM / SORGHUM TANAMAN MULTI GUNA

UTILISASI SORGHUM

SCRIBD.COM/SS170952

FOOD

FEED

FUEL

Tanaman saya.

Meskipun tidak luas sejak 2008 saya selalu menanam, tahun 2012/2013 saya tanam kembali varitas numbu , tanggal tanam 28 Okt 2012 

Yang kaos hitam saya sendiri.
Pengukuran diameter batang dan panjang ruas saat umur 60 hari.

Rencana panen medio januari 2013.

Tanam tahun 2013 dengan target panen di musim hujan guna mendapatkan data kandungan gula dalam batang sweet sorghum di musim penghujan, direncanakan dari batang akan di perah untuk dijadikan syrup sedangkan bijinya akan di sosoh untuk jadi beras sorghum dan tepung dan selanjutnya dibuat komposite flour untuk berbagai penganan.


Asal tanaman sorghum
Konon ada kawasan dengan iklim setengah kering ( Semi Arid Tropics ) dinamakan sub sahara berada dilingkaran luar gurun sahara, benua Afrika ,disanalah bermula tumbuhnya milet, milo dan sorghum  beribu tahun sebelum masehi, pada abad ke 6 dan 7 mulai menyebar ke India China melalui jalan sutera (Silk Road) dan pada abad 17 pada era perbudakan beberapa budak dari Afrika yang dikapalkan ke Amerika membawa serta butir butir gandum untuk ditanam di tempatnya yang baru, itulah awal penyebaran sorgum.

Kok bisa sampai ke Jawa dengan nama jagung cantel/ oncer ?



Trus kalau juwawut dari mana ?

Juwawut (pearl millet) juga berasal dari Afrika  dari daerah Sahel menyebar ke Sudan ke Senegal  dan akhirnya dapat ditemukan diseluruh benua. Sebagian besar digunakan untuk pakan ternak , untuk human konsumsion

Trus kalau  milet putih dan coklat pakan burung lovebird  juga dari mana ?


juga berasal dari Afrika


Berbahagialah kita yang terlahir di Bumi Nusantara – di lintasan Zamrud Khatrulistiwa – dengan iklim tropis dan curah hujan yang menumbuhkan hamper semua tanaman biji bijian untuk makanan, lain dengan saudara kita yang di Afrika yang terbelit kelaparan.

Sorghum pro poor
Kita pasti sering lihat di siaran televisi atau media lainnya , betapa sulitnya hidup saudara saudara kita di benua hitam Afrika, anak kecil dengan perut membesar dan deretan tulang iga yang Nampak jelas, minum dari air susu ibunya yang mungkin sudah tidak keluar lagi.

 


 ICRISAT, CGIAR DAN INTSORMIL

Beberapa Foundation di Amerika tersentuh hatinya berdirilah ICRISAT ( International Crop Reseach Institute for the Semi Arid Tropics) TAHUN 1972 funded Ford and Rockeffeler Foundations sebagai lembaga non profit and non political “ Science with human face”  berpartner dengan  CGIAR (Consultative Group onInternational Agriculture Reseach), kemudian   INTSORMIL (International Sorghum and Millet)  funded USAID  dll untuk membantu pengembangan tanaman tanaman tersebut guna memerangi kelaparan dan kemiskinan  (FIGHTING HUNGER AND POVERTY)


STOP KELAPARAN DAN KEMISKINAN.

Budidaya sorghum di Africa.


Keterbatasan akses teknologi, infrastruktur, permodalan dll.

menanam
Siap panen.


Panen dan angkutan panen.


Manual thresher dan winnowing (melepas biji dan memisah biji hampa)




Menumbuk (proses penepungan) dan gudang penyimpanan.

 PEMANFAATAN SORGHUM DI NEGARA LAIN ?

Nanti selanjutnya akan kami susulkan seri sorghum for food, sorghum for feed dan sorghum for fuel.

Salam - selamat berkarya.

BOEROEH TANI NAIK KERETA API

DARI ST SUMOBITO KE SURABAYA,

Tentu orang tua manapun  kepengin melihat anaknya yang telah berhasil , dari hijrah tempat tinggal meninggalkan desanya  ke Surabaya, diikuti dengan hijrah profesi dari buruh tani menjadi buruh outsorcing membersihkan kota  (bagian nyapu jalanan kota), nah kalau nyarter mobil tentu nggak mampulah , satu satunya jalan ya naik kereta api super ekonomi Rapih Dhoho Rp 4.000,- sampai deh di Surabaya
Memang managemen KAI kelihatannya berhasil memberikan pelayanan yang cukup baik , tidak ada calo , nama penumpang tertera di karcisnya , masuk statiun  identitas diri dicek petugas sesuai nggak dengan KTP nya kayak periksa Boarding Pass - tapi inilah kisahnya kalau naik kereta api super ekonomi.

KA RAPIH DHOHO.
Kereta api ekonomi Rapih Dhoho berangkat dari Blitar ke Surabaya lewat Kertosono, kalau beli karcis di station Sumobito , karcisnya selembar tanpa identitas penumpang dan tanpa nomor gerbong apalagi nomer tempat duduk, jumlah pembeli karcis unlimited , berapapun dilayani, nah setelah kereta berangkat di station Mojokerto ada penumpang baru yang naik, di Mojokerto karcis dijual dengan nomor gerbong dan no tempat duduk, masalahnya tempat duduk sudah diduduki penumpang yang berkarcis bebas, masak mau berantem, hal yang sama pada saat naik kereta Dhoho dari station Jombang diberikan karcis dengan nomer gerbong dan nomer tempat duduk, tetapi sebelum station Jombang kereta api menaikkan penumpang dari station Sembung yang karcisnya bebas tanpa no gerbong dan nomer tempat duduk, kebetulan nomer kursi saya sudah diduduki penumpang dari station Sembung, nggak apalah.

Penjual asongan kelelahan
Pedagang pasar wonokromo - kepanasen dalam kereta sampe ngantuk ngantuk 
Nasi pecel Rp 2.000,- kalau onde onde Rp 500,- semua bisa di beli diatas kereta.



Rp 4.000 kok minta duduk , tapi sebenarnya mereka tidak membayar Rp 4.000,- karena 
PT KAI mendapat dana dari negara.



Persoalannya ternyata sangat sederhana – managemen PT KAI belum pernah mencoba naik kereta api klas ekonomi sehingga beberapa persoalan kurang dipahami dan mendapat perhatian , kelihatannya lebih terfokus pada kereta api klas Bisnis dan Executive. tapi bagiamanapun maju terus PT KAI - karena nggak ada lagi operator KA di Indonesia selain dikau, saya buruh tani hanya usul jual karcis ka ekonomi jarak dekat tanpa nomor tempat duduk karena banyak penumpang klas ekonomi yang memerlukan , nggak apalah berdiri satu dua jam, itu sudah habitatnya sejak dulu, perubahan yang dilakukan saat ini bukan memberikan nilai tambah tetapi lebih menyusahkan.